phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

MEDIA MASSA DAN KAPITALISME

MEDIA MASSA DAN KAPITALISME
Oleh : Bimo Adriawan

Media massa sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari. Media massa dengan berbagai jenisnya mampu membentuk opini umum mengenai suatu hal dan menjadi media untuk promosi berbagai produk. Namun, siapa sebenarnya yang berada dibelakang media massa?. Secara jelas dapat kita lihat siapa yang mengontrol media massa. Rata-rata media massa itu bersifat komersil maka pihak yang mengontrol media massa adalah orang yang mampu membayar banyak kepada media tersebut. Namun, timbul lagi pertanyaan, untuk apa hal itu dilakukan?. Singkatnya menyebarnya paham kapitalisme membuat orang-orang berorientasi pada uang. Jadi, pihak yang mau menanamkan modal besar-besaran di media massa sudah tentu ingin meraup keuntungan yang lebih besar lagi.


Salah satu caranya dengan membuat produk yang sebenarnya biasa saja menjadi seolah-olah luar biasa. Hal itu dilakukan dengan menyorot produk tersebut di media massa. Modal yang diperlukan memang tidak sedikit. Namun, dampak bagi konsumen sangat besar, mereka berbondong-bondong membeli produk yang banyak disorot oleh media massa dan tentu saja membawa keuntungan bagi produsen atau pemilik modal. Semua tidak lepas dari kepentingan ekonomi.

Jadi, kita harus benar-benar cermat dalam menerima informasi apapun, tidak mudah termakan isu yang belum pasti karena bisa jadi dibalik isu tersebut ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan seperti contoh di atas. Proses di atas benar-benar halus sehingga kita terkadang tidak menyadari bahwa kita dipaksa memberikan uang kita kepada pemilik modal itu.

1 comment:

  1. Silakan Kunjungi Website Saya , Yang Dapat Melakukan Live Streaming Secara Langsung :
    agen judi online terpercaya
    Prediksi Bola

    Thank you
    agenpialaeropa.net

    ReplyDelete

Best Blogspot Templates 2013