phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

ANARKISME

ANARKISME

Pengertian Anarkisme

Anarkis
Anarkisme berasal dari gabungan dua kata dari Bahasa Yunani kuno, yaitu av (an), apxn (arkhe) yang digabung menjadi anarkhos artinya tanpa pemerintahan. Jadi, pengertian anarkisme secara istilah adalah paham yang anti pemerintahan atau negara.

Menurut Peter Kropotkin1 (1842-1921), yaitu: "Anarkisme adalah sebuah sistem sosialis tanpa pemerintahan. Ia dimulai di antara manusia, dan akan mempertahankan vitalitas dan kreativitasnya selama merupakan pergerakan dari manusia"


Sejarah Singkat Anarkisme

Anarkis pada May Day di Athena, Yunani

Pemahaman ini lahir dari seorang tokoh sosialis Perancis bernama Pierre Joseph Proudhon (1809-1865). Proudhon menulis buku yang berjudul “Qu’est-ce que la propriété?”(1840) yang artinya “apa itu kepemilikan?”(1876). Dalam karyanya ini, Proudhon membuat sensasi dengan perkataan “Saya adalah seorang anarkis” dan “kepemilikan telah dicuri!”. Gagasan yang disampaikan oleh Proudhon adalah perlunya pembentukan masyarakat tanpa hirarkis sehingga masyarakat bebas menentukan kehidupannya mau seperti apa. Proudhon memiliki banyak pengikut salah satunya adalah Mikhail Alexandrovich Bakunin.

Lawan dari Anarkisme

Kapitalisme
Anarkisme adalah adalah anti kapitalisme, kaum anarkis menganggap masalah yang terjadi di muka bumi adalah ulah dari kapitalisme. Kemiskinan, global warming, demam berdarah, kusta, busung lapar, dll. adalah hadiah yang diberikan kaum kapitalis kepada kita akibat dari hasil eksploitasi alam, tenaga kerja, dan sumber daya alam kita.

Anarkisme juga lawan dari komunisme dalam hal ketatanegaraan. Kedua paham ini sama-sama berasal dari sosialisme. Anarkisme Bakunin sangat menentang konsep negara sosialis seperti yang dicetuskan Marx.

Komunisme
Kaum Marxisme berpendapat bahwa negara masih diperlukan selama revolusi proletar, yang menjadi cita-cita kaum buruh, belum terjadi. Negara masih diperlukan sebagai sarana untuk membentuk komunitas komunis dibawah kediktatoran kaum buruh. Menurut Bakunin, negara tidak diperlukan lagi, karena kekuasaan negara melanggar hak-hak asasi individu yang bebas. Negara harus digantikan oleh komunitas-komunitas yang bebas dan mandiri secara ekonomi.

Kaitan Anarkisme Dengan Kekerasan

Perang Sipil Spanyol 1936-1939
Dalam sejarahnya, para anarkis dalam berbagai gerakannya kerap kali menggunakan kekerasan sebagai metode yang cukup ampuh dalam memperjuangkan ide-idenya. Contohnya para anarkis yang terlibat dalam kelompok Nihilis di Rusia era Tzar, Leon Czolgosz, grup N17 di Yunani. Slogan para anarkis Spanyol pengikutnya Durruti yang berbunyi: “Terkadang cinta hanya dapat berbicara melalui selongsong senapan”.

Proudhon sebagai pemikir utama anarkisme melakukan gerakan tanpa kekerasan. Namun pada perkembangannya pergerakan anarkisme pada era Bakunin dilakukan dengan kekerasan. Gerakan anarkisme dengan kekerasan terbesar adalah pada Perang Sipil di Spanyol pada tahun 1939.

Tidak semua tokoh anarkis menyetujui pergerakan dengan kekerasan. Pemikir anarkis Alexander Berkman berpendapat
Alexander Berkman
"Anarkisme bukan Bom, ketidakteraturan atau kekacauan. Bukan perampokan dan pembunuhan. Bukan pula sebuah perang di antara yang sedikit melawan semua. Bukan berarti kembali kekehidupan barbarisme atau kondisi yang liar dari manusia. Anarkisme adalah kebalikan dari itu semua. Anarkisme berarti bahwa anda harus bebas. Bahwa tidak ada seorangpun boleh memperbudak anda, menjadi majikan anda, merampok anda, ataupun memaksa anda. Itu berarti bahwa anda harus bebas untuk melakukan apa yang anda mau, memiliki kesempatan untuk memilih jenis kehidupan yang anda mau serta hidup didalamnya tanpa ada yang mengganggu, memiliki persamaan hak, serta hidup dalam perdamaian dan harmoni seperti saudara. Berarti tidak boleh ada perang, kekerasan, monopoli, kemiskinan, penindasan, serta menikmati kesempatan hidup bersama-sama dalam kesetaraan." (Alexander Berkman, What is Communist Anarchist1870 - 1936)

Kesimpulan

Anarkisme adalah suatu paham yang antipemerintahan dan antinegara. Pemikir utamanya adalah Proudhon (sosialis dari Perancis). Lawan dari Anarkisme adalah Kapitalisme dan Komunisme. Menurut para anarkis kemiskinan, busung lapar dll. yang terjadi di dunia pada saat ini merupakan akibat dari Kapitalisme. Anarkisme pun bertentangan dengan komunisme yang keduanya sama-sama berasal dari sosialisme. Anarkisme menentang konsep Negara yang ditawarkan oleh komunisme.

Keterangan:
1 Revolusioner Rusia dan seorang ahli ilmu bumi, teoritikus terkemuka gerakan anarkisme.

Daftar Sumber:
Microsot Encarata 2009 "Anarchism"

Sumber Gambar:

Anarkis
http://lifeafterdx.blogspot.com/ 

Anarkis pada May Day di Athena, Yunani 
http://libcom.org/


Kapitalisme
http://www.firestormcafe.com/

Komunisme
http://unitedexplanations.org/

Perang Sipil Spanyol 1936-1939
http://trcs.wikispaces.com/

Alexander Berkman
http://hilobrow.com/

1 comment:

  1. You can read the best soccer, news predictions on my site
    Prediksi Bola
    Thank you

    ReplyDelete

Best Blogspot Templates 2013