phone: +420 776 223 443
e-mail: support@londoncreative.co.uk

SEKILAS TENTANG CANDI

SEKILAS TENTANG CANDI


Durga
Pengertian Candi dan Bagian-Bagiannya
Kata Candi berasal dari kata Candika yang merupakan salah satu nama dari Durga sebagai Dewi Maut. Pengertian Candi menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah. Jadi, candi adalah bangunan untuk memuliakan orang yang telah wafat, khususnya untuk orang-orang terkemuka atau raja. Namun, benda yang dikuburkan bukanlah mayat ataupun abu jenazah tetapi berbagai macam benda-benda seperti potongan logam, batu-batu akik yang disertai sesajen. 


Candi yang ditujukan sebagai pemakaman merupakan ajaran dari agama Hindu. Sedangkan candi yang ditujukan sebagai tempat pemujaan dewa merupakan ajaran dari agama Budha. Secara umum bentuk candi memiliki tiga bagian, yaitu: kaki, tubuh, dan atap. Bagian kaki berbentuk bujur sangkar dan agak tinggi. Bagian ini memiliki tangga yang dapat dinaiki. Bagian tubuh candi terdiri dari sebuah bilik yang berisi arca. Kemudian atap candi selalu terdiri dari tiga tingkatan yang semakin lama semakin kecil dan akhirnya diberi puncak yang berupa genta. 

Di dalam atap terdapat rongga yang dimaksudkan sebagai tempat bersemayam semetara sang dewa. Ketiga bagian candi tersebut melambangkantiga bagian alam semesta, yaitu :

Bagian-Bagian Candi
1. Kaki
Adalah alam bawah tempat manusia biasa

2. Atap
Adalah alam atas tempat dewa-dewa

3. Tubuh
Adalah alam antara tempat manusia yang telah meninggalkan keduniawiannya dan dalam keadaan suci menemui tuhannya.

Desain bangunan candi mengikuti Gunung Mahameru yang dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa. Sehingga candi itu dihias (dipahat atau diukir) sesuai dengan alam gunung misalnya bunga-bunga,binatang-binatang dll. Ketentuan membangun candi terdapat dalam kitab Vastusastra atau Silpasastra yang dikerjakan oleh silpin yaitu seniman yang membuat candi (arsitek zaman dahulu). Pengelompokkan Candi Candi ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang berkelompok. Candi yang berkelompok terdiri dari candi induk dan candi-candi perwara yang lebih kecil. Cara pengelompokkan candi ini berkaitan dengan alam pikiran serta susunan masyarakatnya sehingga dapat digolongkan menjadi tiga jenis (di Indonesia), yaitu :

1. Jenis Jawa Tengah Utara -Hindu Siwa-
Bentuk dan hiasannya sangat sederhana. Contoh: Candi Gunung Wukir, Candi Badul, Kel. Candi Dieng, Kel. Candi Gedong Songo
Candi Dieng

2. Jenis Jawa Tengah Selatan -Budha Mahayana-
Bentuk dan hiasannya megah. Contoh: Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Borobudur, Candi Mendut, Kel. Candi Sewu, Kel. Candi Plaosan, Kel. Candi Loro Jonggrang.
Candi Mendut


3. Jenis Jawa Timur (termasuk Bali dan Sumatra Tengah) -Tantrayana-
Bentuknya ramping, umumnya menghadap ke barat dan terbuat dari bata. Contoh : Candi Kidal, Candi Jago, Candi Songosari, Candi Jawi, Kel. Candi Panataran, Kel. Candi Muara Takus, Kel Candi-candi Gunung Tua.
Candi Muara Takus
Secara umum perbedaan antara candi di Jawa Tengah dan Jawa Timur adalah :

JAWA TENGAHJAWA TIMUR
Bentuk bangunannya tambunBentuk bangunannya ramping
Atapnya nyata berundak-undakAtapnya merupakan perpaduan tingkatan
Puncaknya stupaPeuncaknya berbentuk kubus
Reiefnya timbul agak tinggi dan lukisannya naturalisReliefnya timbul sedikit saja dan lukisannya simbolis
Letak candi di halaman tengahLetak candi di bagian belakang
Mayoritas menghadap ke timurMayoritas menghadap ke barat
Kebanyakan terbuat dari batu andesitKebanyakan terbuat dari batu bata

Bangunan lain yang ada di dalam candi adalah gapura biasanya ada di mulut, biasa juga disebut candi. Contoh Candi Jedong, Candi Plumbangan, dan Candi Bajang Ratu. Gapura hanyalah sebagai pintu keluar masuk maka didalamnya terdapat celah yang dapat dilewati.

Candi Bajang Ratu


DAFTAR SUMBER:

Soekmono, R. 1988.
Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2
. Cet.Kelima. Yogyakarta: Kanisius.

MacDonald, William L. "Temple (building)." Microsoft® Encarta® 2009 [DVD]. Redmond, WA: Microsoft Corporation, 2008.

"http://id.wikipedia.org/wiki/Candi.htm”

Sumber Gambar:
Durga
  
Bagian-Bagian Candi

Candi Dieng

Candi Mendut

Candi Muara Takus

Candi Bajang Ratu

1 comment:

  1. You can read the best soccer, news predictions on my site
    Prediksi Bola
    Thank you

    ReplyDelete

Best Blogspot Templates 2013